Pelatihan TPK 2009



































Pelatihan TPK se Kecamatan Banyuputih

Hari : Senin

Tanggal : 14 September 2009

Waktu : 15.00 – 16.15 WIB

Tempat : Pendopo Kecamatan Banyuputih





Acara dibuka oleh Ketua UPK dengan pembacaan basmalah

Ketua UPK kemudian mempersilahkan FT untuk memperentasikan materi pelatihan

Penyampaian materi oleh FT

Diawali dengan himbauan dari FT agar TPK betul-betul memperhatikan segala kelengkapan administrasi dan dokumentasi kegiatan yang akan dilaksanakan.

Menjelaskan tentang map-map arsip kegiatan TPK harus segera dilengkapi yang terdiri dari 7 macam map.

Menjelaskan kembali tentang peran dan tugas masing-masing dari Tim 18 yang secara langsung memiliki andil dalam pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan prasarana di desa.

Menekankan kepada semua TPK agar segera melakukan pelelangan bahan sesuai dengan ketentuan setelah SPM diterbitkan.

Berkaitan dengan pencairan dana pinjaman SPP, diharapkan pelaku-pelaku tingkat desa termasuk TPK untuk turut memfasilitasi pembuatan rekening kelompok sebelum pencairan dana dilaksanakan, walaupun nominalnya masih belum bisa mencapai 10% dari jumlah pinjaman yang akan diterimakan kepada kelompok bersangkutan.

Menegaskan kembali bahwa MMDD sudah harus rampung dibuat oleh masing-masing desa sebelum pencairan dana pertama dilakukan, dengan kata lain MMDD menjadi salah satu syarat bagi TPK untuk dapat mencairkan dana untuk pertama kalinya.

RPD (Rencana Penggunaan Dana) menjadi syarat mutlak untuk pencairan dana, dan pembuatannya TPK bisa dibantu dengan FT dan tanda tangan yang ada dalam RPD tersebut sudah harus lengkap pada saat TPK akan mencairkan dana.

FT juga menjelaskan bahwa LPD (Laporan Penggunaan Dana) harus juga dirampungkan setelah pekerjaan dari dana sebelumnya selesai. Dan untuk tahun 2009 ini LPD juga harus dilampiri dengan foto copy buku kas (baik buku kas umum maupun buku kas khusus) dan bukti transasksi yang berupa nota pembelian ataupun kuitansi transaksi lainnya .

Pembuatan LPD juga harus dilengkapi dengan laporan yang rinci.

Untuk pelaksaanaajn pra audit setidaknya harus diikuti oleh 5 (lima) orang yang diambilkan minimal dari 2 (dua) desa.

Selanjutnya acara pelatihan hari pertama ini ditutup dengan pembacaan do’a bersama yang dipimpin oleh Ketua TPK Desa Sumberejo (Amirullah)









0 komentar:

Posting Komentar